Pentingnya Meminimalisir Pertemanan di Facebook

Ada sekitar 800 teman di facebook saya yang saya pikir tidak ada seratus yang benar-benar aktif berfacebook. Atau memang benar apa yang dikatakan teman saya bahwa tidak semua pembaruan dari teman-teman di facebook saya itu masuk di dinding saya.

Seperti update status dari mereka misalnya, sepertinya setiap hari yang update status yang masuk ke dinding saya ya orang-orang itu saja, mungkin tidak lebih dari 100 orang. Hal inilah yang akhirnya membuat saya berpikir ulang untuk meminimalisir pertemanan di facebook. Daripada memiliki teman 800 tapi tidak jelas, lebih baik saya kurangi jumlahnya dan saya pilih siapa yang seharusnya berteman dengan saya.

Pernah suatu kali saya mengajak chatting salah seorang teman di facebook, dengan enaknya dia bertanyaIni siapa?”. Rasanya JLEB banget dah, akhirnya saya putuskan saja untuk remove dia dari pertemanan saya, ekstrim memang sepertinya, tapi hal ini menurut saya lebih baik karena pendapat saya teman-teman di facebook seharusnya adalah orang-orang yang jelas kenal dengan siapa saya.

Pernah suatu kali karena tidak enak meremove orang, saya memutuskan untuk membuat akun facebook baru dan saya khususkan hanya untuk orang yang saya temui di dunia nyata. Tapi hal ini ternyata tidak efektif karena saya harus mengurus dua akun sekaligus, akhirnya akun baru itu saya hapus lagi saja.

Solusi akhirnya adalah teman-teman saya yang tidak saya kenal saya remove ketika setiap hari di facebook ada pemberitahuan siapa yang ulang tahun. Dari sanalah saya melihat satu-persatu yang ulang tahun apakah saya kenal atau tidak.

Jika saya kenal saya berikan ucapan selamat, dan bagi yang saya tidak kenal akhirnya terpaksa saya remove dari pertemanan saya. Bukannya saya bermaksud sombong, tapi hal ini saya rasa lebih baik. Jika orang-orang yang saya remove itu masih ingin mendapatkan pembaruan dari saya, status misalnya, mereka masih bisa berlangganan dengan saya, atau bisa like halaman facebook atau facebook fanpage saya.

Oh ya, masih ada lagi, jika setiap hari misal ada yang nge add saya menjadi temannya, itu juga saya seleksi. Jika misal saya tidak mengenalnya sama sekali langsung saya pilih Lain kali. Karena menurut saya meminimalisir pertemanan di facebook itu penting agar kualitas pertemanan di facebook itu jelas. Bagaimana dengan anda?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *